Friday, 19 Apr 24, 12:34 PM
Welcome, Tamu
[ New messages · Members · Forum rules · Search · RSS ]
  • Page 1 of 1
  • 1
Forum » Forum SMP 4 Tegal » Pelajaran Tambahan » pelajaran tambahan (eskul)
pelajaran tambahan
anjarDate: Wednesday, 09 May 12, 3:37 PM | Message # 1
SMP
Group: Users
Messages: 70
Reputation: -1
Status: Offline
uar biasa, siswa-siswi kelas VII dan VIII SMPN 1 dan SMPN 2 Bandar Lampung sanggup merakit robot sederhana. Demikian komentar Yulliarto Raharjo selaku dosen pembina tim Unila Robotika dan Otomasi (URO) ketika ditemui di Laboratorium Digital Fakultas Teknik jurusan Teknik Elektro, Rabu (3-3).
"Saya tidak menyangka kalau mereka belajar dengan antusias dan penuh keceriaan seperti ini. Padahal yang tengah mereka pelajari saat ini adalah bahasa pemrograman robot," kata Raharjo. Sejak Senin-Sabtu (1-6 Maret) Raharjo dan dua orang mahasiswanya tengah menggodok kemampuan 16 orang siswa SMPN I dan SMPN 2 Bandar Lampung untuk merakit dan memprogram robot sederhana.

"Mereka tengah kami ajarkan bagaimana merakit robot. Diawali dari pengenalan komponen, kegunaan fungsi komponen, cara merakit komponen, belajar bahasa pemrograman C untuk menyusun perintah pemrograman robot, hingga meng-upload (mengunggah) program untuk mengendalikan robot atau controller," kata dia.

Ia mengatakan saat ini mereka sedang membedah bahasa pemrograman atau dalam istilah dunia komputer biasa disebut bahasa program C menggunakan software AVR Studio. "Walau mereka masih duduk di kelas VII dan VIII SMP, tetapi mereka dapat melahap apa yang diberikan tutor mereka," kata dia.

Pelatihan robot tersebut merupakan upaya membekali 16 siswa yang akan mengikuti kompetisi pemanfaatan teknologi tingkat nasional pada 8 Maret nanti. Sementara itu, Joko Indarjo selaku guru pembimbing bagi siswa-siswi SMPN 1 Bandar Lampung, mengatakan lomba itu diadakan Dirjen Pustekom Depdiknas. wacko

"Terkait adanya lomba ini kami membawa 8 orang peserta didik kami untuk dilatih di Laboratorium Digital URO selama satu minggu ini," kata dia. Menurut dia, melihat potensi yang begitu besar yang dimiliki oleh siswa, pihaknya berencana membentuk ekskul robotika di sekolah.

Hal senada dikatakan Bambang S. selaku guru pembina dari SMPN 2 Bandar Lampung. Nantinya, kata Bambang, ekskul tersebut akan berada dalam bimbingan dan pembinaan tim robot Unila. Sementara Irfan Salahuddin salah satu siswa yang mengikuti pelatihan itu, mengatakan ia dan teman-temannya tidak sulit mengikuti pelatihan ini. "Pelajaran ini memang tidak diberikan secara khusus sekolah. Namun dengan pemanfaatan internet belajar mengenal dan merakit robot dapat dilakukan," kata dia. wacko wacko wacko smile sad cry angry biggrin cranky
 
NoviaDate: Sunday, 20 May 12, 10:23 AM | Message # 2
SMP
Group: Users
Messages: 79
Reputation: 0
Status: Offline
cranky good hello
 
dianDate: Friday, 25 May 12, 3:47 PM | Message # 3
SD
Group: Users
Messages: 49
Reputation: -1
Status: Offline
IDIIIIIIHHHHHHHHH ANNNJAAR AH
 
Forum » Forum SMP 4 Tegal » Pelajaran Tambahan » pelajaran tambahan (eskul)
  • Page 1 of 1
  • 1
Search: